Exotic harau Valley

 

Harau Valley merupakan salah satu objek wisata andalan kabupaten 50 kota Sumatera Barat. Terletak di kecamatan Tarantang Harau berjarak ± 134 km dri kota Padang. Harau Valley adalah sebuah lembah yang dilingkungi dinding batu pasir yang terjal berwarna-warni,. dengan ketinggian 100 sampai 500 meter, limas menyebutnya batu selendang karena warna warni lurus yang indah menghiasi tebing. Harau valley mempunyai tujuh air terjun ( sarasah ) yang menakjubkan. Tinggi masing-masing air terjun berkisar antara 50 – 90 m. Air terjun mengalir dari atas celah yang membentang sepanjang Harau valley.  Bebatuan yang ada disana sudah sangat tua diperkirakan 30 – 40 ribu tahun. Bebatuan ini sangat halus membentuk serpihan batu yang banyak mengandung karbon organic. Topografi Cagar Alam Harau valley adalah berbukit-bukit dan bergelombang,. Tinggi dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, bukit tersebut antara lain adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang. Memasuki Harau valley seperti berada di sebuah benteng dengan tebing kemerah-merahan, tegak lurus dengan kokohnya jurang yang mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Sementara di bawah tebing pesawahan terhampar dengan indahnya begitupun sepanjang jalan menuju Harau Valley. Saat limas berkunjung kembali  ke Harau valley ini padi sedang menghijau di bawah tebing, sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan. Perpaduan alam yang elok yang akan menyejukkan mata dan pikiran kita saat berada di Harau valley. Selain sajian pemandangan alamnya yang indah, wisatawan yang berkunjung ke Harau valley juga bisa menikmati fasilitas outbound juga soft trekking bagi wisatawan yang suka berpetualang. Juga terdapat kolam renang dan arena bermain anak-anak.

Kawasan Obyek wisata Harau valley ini terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang/Pilubang . Pada resort Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun yang mempunyai kolam renang, yang memberikan nuansa alam yang asri juga berpotensi untuk pengembangan olah raga panjat tebing karena memiliki bukit batu yang terjal dan juga mempunyai lokasi yang bisa memantulkan suara (echo). Disini juga terdapat fasilitas penginapan berupa homestay yang bisa dimanfaatkan wisatawan yang ingin menginap lengkap dengan fasilitasnya.

Resort Sarasah Bunta terletak disebelah timur Aka Barayun, memiliki 4 (empat) air terjun (sarasah Aie Luluih, Sarasah Bunta, Sarasah Murai dan sarasah Aie Angek ) dengan telaga dan pemandangan yang indah seperti ; Sarasah Aie Luluih, dimana pada sarasah ini air yang mengalir melewati dinding batu dan dibawahnya mempunyai kolam tempat mandi alami yang asri. Sarasah Bunta  mempunyai air terjunnya yang berunta-unta indah seperti bidadari yang sedang mandi apabila terpancar sinar matahari siang sehingga dinamakan “Sarasah Bunta”. Sedangkan Sarasah Murai , sering pada siangnya burung murai mandi sambil memadu kasih sehingga masyarakat menamakan “Sarasah Murai “. Pada Sarasah Aie Angek belum banyak dikunjungi wisatawan, airnya agak panas berada arah keutara dari “Sarasah Murai”.

Sementara Resort Rimbo Piobang/Pilubang lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan yang mengadakan acara gathering perusahaan. Disini juga terdapat homestay yaitu Balirik Larangan Cottage dengan model cottage yang unik. Sepanjang jalan memasuki area Resort kita akan menemui plang balirik larangan yang terpancang sepanjang jalan memasuki resort.  Area Resort Rimbo Piobang/Pilubang juga mempunyai area outbound dan soft trekking di sekeliling lembah, juga dilengkapi rumah panggung untuk ruang pertemuan.

Nah. Tunggu apa lagi,,anda juga ingin melihat langsung keelokan Harau Valley,,limas Tour Crew siap menemani anda.. J